5 Daftar Plugin Wajib WordPress

2 min read

5 Daftar Plugin Wajib Wordpress

5 Daftar Plugin Wajib WordPress – WordPress adalah salah satu CMS untuk situs web dengan pengguna terbanyak di dunia. WordPress menawarkan berbagai plugin dengan fitur berbeda untuk mendukung situs web apa pun yang berjalan dengan baik. Namun Anda tidak perlu menginstal semua plugin ini, pilih saja sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Karena jika Anda menginstal lebih banyak plugin, situs WordPress Anda akan lebih berat dan memakan kapasitas hosting Anda.

Daftar Plugin Wajib WordPress Terbaik

Tentu jika Anda masih pemula mungkin akan bingung memilih plugin wajib wordpress gratis terbaik untuk website atau blog Anda. Di sini kami menyarankan plugin WordPress terbaik untuk website atau blog Anda. Lihat pembahasan sampai akhir.

1. Akismet – Mencegah komentar SPAM

Perlindungan Spam Akismet
Perlindungan Spam Akismet

Kolom komentar adalah salah satu target spam paling umum yang kami temukan. Hal ini tentu mengganggu para blogger dan pemilik website karena harus memfilter dan memoderasi komentar. Anda dapat menggunakan plugin Akismet ini untuk mencegah komentar yang tidak diinginkan merusak website Anda. Semua komentar yang masuk ke website disaring terlebih dahulu, kemudian Anda tinggal menyetujui komentar mana yang aman dan menghapus komentar yang mengandung spam.

2. W3 Total Cache – Kecepatan website

W3 Total Cache
W3 Total Cache

Website WordPress Anda memiliki loading time yang lambat? Coba Anda menambahkan plugin W3 Total Cache. Sekarang ini kecepatan merupakan salah satu metrik yang penting untuk website. Semakin cepat maka peringkat di SERP Google pun semakin bagus dan juga mencegah bounce rate. W3 Total Cache merupakan salah satu plugin caching terbaik menurut kami. Cara kerjanya saat ada orang yang mengakses website Anda, semua datanya akan disimpan dalam cache. Nah saat ada orang lain yang mengakses halaman yang sama, datanya tinggal ambil dari memory cache. Jadi akan ada beberapa detik waktu yang bisa dipangkas saat menggunakan plugin cache website. Ada opsi lain yang tidak kalah menarik yaitu plugin WP Super Cache.

3. Jetpack – Keamanan WordPress

Jetpack
Jetpack

Jetpack menjadi plugin keamanan WordPress dengan fitur yang paling lengkap. Plugin buatan Automatic ini sampai sekarang sudah ada lebih dari 5 juta active installation.

Jadi dengan install plugin Jetpack ini Anda bisa mengamankan website dari beberapa kejahatan seperti:

  • Brute force attack protection login website
  • Secure login dengan two factor authentication
  • Spam filtering
  • Scanning malware dan ancaman lainnya
  • Log aktivitas website
  • Fitur kloning dan migrasi website
  • Dan lainnya

4. Yoast SEO – Optimasi website

Yoast SEO
Yoast SEO

Memiliki peringkat website di mesin pencari adalah impian setiap pemilik website. Keuntungannya adalah banyak pengunjung web akan mengunjungi halaman tersebut. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menambahkan plugin SEO untuk membantu SEO situs WordPress Anda. Yoast SEO adalah plugin SEO terbaik untuk optimasi website wordpress Anda. Anda dapat mengoptimalkan kata kunci serta deskripsi meta halaman di Yoast.

5. UpdraftPlus – Backup website

UpdraftPlus
UpdraftPlus

Terakhir, agar website Anda aman pastikan memiliki backup dari keseluruhan website. Jadi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda masih memiliki backup data, tinggal export saja. Kami merekomendasikan UpdraftPlus untuk solusi backup website. Tersedia fitur backup secara otomatis semua data website Anda untuk disimpan di Google Drive, DropBox, OneDrive dan lainnya. Jadi plugin ini tidak akan memenuhi space hosting yang Anda gunakan, karena disimpan diluar hosting.

Nah demikian pembahasan mengenaik 5 daftar plugin wordpress yang wajib Anda install di website wordpress anda. Dengan banyaknya plugin gratis wordpress anda bisa memilih dan menyesuaikan kebutuhan untuk website Ada. Pastikan anda menggunakan plugin yang masih diupdate oleh developer, agar tidak terjadi pembololan atau hacking ke website Anda karena plugin yang digunakan sudah lama tidak di update dan terdapat celah atau bug yang bisa dimanfaatkan oleh seorang hacker.

Baca Juga
https://blog.pahepbn.com/cara-meningkatkan-keamanan-website-agar-terhindar-dari-hacker/