8 CMS Terbaik untuk Website – Baca Dulu Biar Ga Salah Pilih

3 min read

8 CMS Terbaik untuk Website

Sekitar 30 tahun yang lalu, pembuatan website sangatlah memakan waktu dan harus dilakukan oleh para ahli di bidangnya.

Dimulai dari konsep, coding cms, coding tema, hingga hal-hal rumit yang membuat jari keriting, semua itu haruslah di-coding dan diketik secara manual. Berbeda dengan zaman sekarang yang jauh lebih mudah untuk dilakukan, berkat kehadiran CMS!

CMS sendiri memiliki singkatan Content Management System. Secara singkatnya, software ini memungkinkan kita untuk bisa membangun website tanpa harus mengerti bahasa pemrograman sama sekali.

Hingga artikel ini dibuat, ada banyak sekali CMS yang sudah lahir dan digunakan secara aktif. Para developer-nya pun terus menerus melakukan pengembangan agar semakin mudah untuk digunakan.  Tetapi saking banyaknya, terkadang kita bingung untuk memilihnya.

Sebenarnya, CMS dikhususkan bagi masing-masing individu dengan kebutuhan berbeda. Maka dari itulah, pada kesempatan ini kita akan membahas CMS terbaik yang bisa kamu pilih sebagai kerangka utama dari website yang tengah kamu bangun.

  1. WordPress

Mungkin ini adalah jenis CMS paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh blogger Indonesia. Hampir semua orang dari berbagai macam kalangan dengan berbagai macam tujuan menggunakan wordpress sebagai manajemen konten situs web mereka.

wordpress

Jika kamu masih meraba-raba terhadap dunia per-bloggingan, tentunya wordpress bisa menjadi pilihan terbaik. Menggunakan CMS ini bisa membuat kamu belajar cara membuat post, page, dan struktur dasar website lainnya.

Menariknya, wordpress bisa kamu unduh dan pakai secara gratis, dan bisa di-download di wordpress.org. Sebagai gantinya, kamu harus menyewa hosting sendiri yang rata-rata dibandrol sekitar satu jutaan per tahunnya.

Dengan plugin tertentu, kamu juga bisa menggunakan wordpress dengan berbagai macam tujuan, termasuk blog, website perusahaan, hingga toko online.

  1. Joomla!

Sama halnya seperti wordpress, Joomla juga merupakan CMS yang gratis dan mudah untuk digunakan. Selama bertahun-tahun, content management system yang satu ini telah memenangkan berbagai macam penghargaan. Itu artinya, Joomla juga bisa kita masukan sebagai CMS terbaik buat website yang ingin kamu bangun.

Jika kita bandingkan dengan wordpress, tentunya Joomla juga memiliki keutamaan. Misalnya, CMS ini jauh lebih fleksibel dengan tampilan yang sangat dinamis. Sementara wordpress memiliki keunggulan dari sisi SEO.

Jadi balik lagi dengan tujuan awal kamu membuat website. Jika sekedar ingin membuat blog personal tanpa harus susah-susah dalam membangunnya, Joomla bisa menjadi primadona buat kamu.

  1. Drupal

Buat kamu yang sudah mulai sedikit menguasai dunia blogging, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa jenis CMS lainnya, salah satunya adalah Drupal.

drupal

CMS ini memiliki fitur standar yang begitu mantap, seperti misalnya memudahkan kita membuat konten, meningkatkan kinerja menjadi lebih handal, serta memiliki sistem keamanan yang begitu kuat dan kokoh.

Bisa dibilang Drupal memenangkan tingkat security jika dibandingkan dengan saingannya – wordpress, joomla, dan CMS lainnya.

Jadi  buat kamu yang ingin menyimpan data-data penting tanpa takut terserang oleh peretas jahat, maka menggunakan CMS yang satu ini mungkin menjadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan.

Salah satu contoh website ternama yang menggunakan Drupal adalah http://www.teslamotors.com, sebuah perusahaan mobil eletrik yang diikoni oleh Elon Musk semenjak tahun 2008.

  1. WooCommerce

WooCommerce memang banyak dikenal sebagai salah satu plugin wordpress yang digunakan untuk pembuatan toko online. Tetapi jarang orang yang tahu jika software ini awalnya berupa CMS.

Tetapi dikarenakan CMS ini diakuisisi oleh Automattic (operator dan kontributor wordpress) pada bulan Mei 2015, maka kamu pun bisa menikmatinya dalam bentuk plugin.

Untungya, fungsi utama dari WooCommerce ini tidaklah berubah dan masih khusus dibuat bagi para pemilik toko online. Jadi, jika kamu ingin membuat online shop berbasis website pribadi, jangan lupakan CMS ini ya!

  1. Blogger

Sebagai perusahaan raksasa mesin telusur, Google juga ternyata memiliki CMS mereka sendiri, yang disebut sebagai Blogger. Dulu, blogger ini menjadi saingan beratnya wordpress di kalangan pebisnis online di Indonesia.

Blogger

Dikarenakan blogger adalah milik Google itu sendiri, banyak isu yang beredar bahwa menggunakan CMS ini bisa membuat kita jauh lebih mudah berada di urutan pertama google. Dengan kata lain, blogger sangatlah mumpuni jika ditujukan sebagai SEO.

Tetapi jika disandingkan dengan wordpress, masing-masing keduanya memiliki kekuatan yang sama-sama setara.

Hanya kelemahannya, blogger tidak bisa kamu install di hosting pribadi. Kamu harus tetap mendaftar melalui platform situs miliknya, yaitu blogger.com.

  1. Wix

Wix juga merupakan CMS yang gratis dan bisa digunakan selama yang kamu inginkan. Tetapi jika ingin mendapatkan fitur tambahan yang jauh lebih profesional, maka kamu harus membeli salah satu paket premium mereka.

Kamu juga bisa membeli domain secara langsung melalui situs mereka, yang kemudian secara otomatis akan langsung terhubung dengan server atau CMS yang sudah tersedia.

Sekalipun mudah untuk digunakan dan memiliki banyak sekali tema menarik, sayangnya Wix sulit bersaing dengan wordpress jika berbicara mengenai sisi SEO. Bahkan mereka terlihat sangat kesulitan mengejar ketertinggalan rivalnya tersebut dalam beberapa tahun terakhir ini.

  1. Weebly

Sama halnya seperti Wix, Weebly juga menyediakan domain yang bisa langsung terhubung dengan CMS mereka. Sayangnya kamu harus mengocek kantong lebih dalam jika ingin menggunakan content management system yang satu ini.

Ditambah lagi, Weebly tidak menawarkan fitur atau tools apapun untuk mengelola halaman situs yang kamu bangun, jadi benar-benar bukan untuk pemula. Bayangkan jika kamu memiliki ratusan postingan, maka akan terasa sangat merepotkan untuk mengatur navigasi halamannya saja.

Tapi bukan berarti harus ditinggalkan begitu saja. Kamu masih bisa menggunakan Weebly untuk membangun website profil perusahaan dengan desain yang menarik dan responsif, sekaligus sebagai tempat penyimpanan foto yang jauh lebih baik.

  1. Typo3

Dan yang terakhir adalah Typo3, yaitu CMS gratis yang memiliki skala perusahaan (bukan perorangan) dengan komunitas yang mendunia, serta didukung oleh sekitar 900 anggota TYPO3 Association.

Sama halnya dengan sebagian besar CMS, Typo3 juga ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. Sistem manajemen konten bisa kamu jalankan di beberapa server web berbasis Apache, Nginx, atau IIS. Bisa pula dipasang di berbagai macam sistem operasi dimulai dari Linux, MS Windows, FreeBSD, macOS, hingga OS/2.

Tapi sekali lagi, Typo3 dikhususkan buat kamu yang ingin membuat website berskala enterprise. Artinya, tidak begitu cocok untuk dijalankan bagi bisnis kecil atau bahkan perorangan.

Selain itu, Typo3 membutuhkan setidaknya pengalaman di bidang blogging dan coding, sehingga sangat tidak cocok bagi pemula. Tetapi bisa menjadi tantangan tersendiri buat kamu yang sudah bertahun-tahun bergelut dengan dunia website.

Kesimpulan

Itulah 8 CMS terbaik yang bisa dipasang di website kesayangan kamu. Tapi pastikan dulu tujuan kamu membuat website tersebut. Jika ingin digunakan sebagai bisnis perorangan dan membutuhkan sentuhan SEO, tentunya wordpress merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu unggulkan dalam jangka panjang

Baca Juga

8 Plugin Terbaik WordPress yang Harus Segera Kamu Install