8 Plugin Terbaik WordPress yang Harus Segera Kamu Install

3 min read

8 Plugin Terbaik Wordpress yang Harus Segera Kamu Install

Website atau blog yang sudah terinstal CMS wordpress memang bisa langsung kamu gunakan, karena sudah memuat fitur dasar seperti post, page, theme, dan lain sebagainya.

Namun bagi kamu yang ingin menambahkan fitur dan fungsi lain yang jauh lebih menarik, maka harus menginstall beberapa jenis plugin tertentu.

Plugin sendiri merupakan perangkat lunak yang berisi sekelompok fungsi untuk kamu gunakan dengan mudah, tanpa harus susah-susah mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu. Alat ini bisa memperluas fungsionalitas atau menambahkan fitur baru sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini.

Menariknya, kebanyakan plugin yang sering digunakan dan memiliki fungsi vital penting selalu disediakan secara gratis. Artinya, kamu tidak perlu lagi merogoh kocek terlalu dalam, terutama di awal-awal website dibangun.

Terlebih jika kamu ingin website kamu dibalut oleh sentuhan SEO, maka memasang plugin ini wajib kamu lakukan.

Oleh karena itulah, melalui artikel ini saya ingin memberikan saran dan rekomendasi beberapa plugin penting yang harus kamu pasang, tentunya setelah disesuaikan dengan kebutuhan kamu saat ini.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah daftarnya.

  1. Yoast SEO

Apapun tujuan kamu dalam membangun blog atau website, plugin bernama Yoast SEO ini sangatlah dibutuhkan. Pasalnya, tool gratisan ini bisa membantu website kamu “memperkenalkan dirinya” ke mesin pencari secara lebih terperinci.

yoast

Bukan hanya baik bagi faktor eksternal saja, juga mendukung upaya kamu dalam meningkatkan kualitas on-page dari website tersebut. Di sana ada deskripsi, permalink, hingga menilai sebuah artikel yang ditulis: apakah sudah memenuhi “google guideline” atau belum.

Dengan kata lain, Yoast SEO haruslah kamu tempatkan di daftar pertama sebagai plugin wordpress terbaik yang harus kamu install.

Secara keseluruhan, Yoast SEO merupakan plugin yang benar-benar mantap, dan diperkirakan memenuhi 70% kebutuhan SEO kamu saat ini.

  1. Wordfence

Ancaman memiliki toko secara offline adalah diserang perampok, sementara ancaman memiliki toko online adalah dikebiri hacker. Untuk mencegahnya, maka kamu harus mengaktifkan plugin bernama wordfence.

Bisa dibilang wordfence ini adalah plugin terbaik untuk kategori “security”. Bagaimana tidak, selain sangat mudah digunakan, alat ini memiliki fitur yang dibutuhkan untuk mengusir para peretas.

Cara kerjanya pun cukup multifungsi, dimulai dari memblokir firewall hingga melindungi website kamu dari serangan brute force, yaitu sebuah istilah untuk menggambarkan aktivitas seseorang yang mengirimkan banyak kata sandi secara acak agar bisa log-in dan mengintip isi website kamu.

  1. WooCommerce

WooCommerce

Nah, khusus bagi kamu yang ingin membangun online store berbasis wordpress, maka WooCommerce bisa menjadi jawabannya. Secara sederhananya, plugin ini bisa menyulap blog kamu menjadi toko online dengan tampilan yang sangat profesional, tanpa harus susah-susah melakukan coding atau membayar mahal para desainer web.

Bayangkan, hanya dengan beberapa kali klik kiri pada tombol mouse saja, kamu sudah bisa jualan secara online. Tugas utama kamu tinggal memasukkan jasa atau produk yang ingin kamu jajakan kepada para calon pembeli di internet.

  1. Elementor

Buat kamu yang ingin memiliki tampilan dinamis tetapi berbasis wordpress, kamu boleh memilih plugin terbaik yang satu ini. Sesuai namanya, elementor merupakan alat yang menyediakan elemen-elemen pada tampilan website tanpa harus capek-capek mengcoding. Alat ini cocok bagi para pemula yang ingin membangun website dengan tampilan profesional.

Elementor juga biasanya suka dipadu-padankan dengan WooCommerce di atas, sehingga memungkinkan kamu memiliki toko online yang tampilannya sekelas Tokopedia, Shopee, dan website perusahaan unicorn lainnya.

Ditambah lagi, elementor sangatlah SEO friendly. Artinya, plugin ini cenderung tidak mempengaruhi sisi SEO website secara negatif. Sebaliknya, tampilan yang indah bisa meningkatkan dwell time dari website yang kamu miliki. Semakin tinggi dwell time, semakin memberikan sinyal positif terhadap posisi moneysite kamu di SERP.

  1. Table of Content Plus

Disingkat pula sebagai TOC+, plugin ini adalah alat yang wajib jika kamu memiliki blog dengan artikel listicle. Plugin ini bisa memudahkan pembaca kamu untuk mengetahui isi artikel yang kamu buat hanya dalam sekali lirik.

Table of Content Plus

Luar biasanya, table of content plus sangatlah berperan besar terhadap posisi kamu di SERP. Beberapa LSI yang kamu sertakan ke dalam artikel biasanya akan mudah untuk dirangkingkan. Logikanya cukup sederhana, dengan memiliki TOC+, maka google lebih mudah dalam meng-crawl website kamu, sehingga dengan senang hati ia menyimpannya di bagian teratas.

  1. Akismet

Biasanya sudah ada di wordpress secara default, jadi kamu tidak perlu susah-susah mencari dan menginstal-nya. Cukup dengan klik “aktifkan” dan memasukan API code, maka plugin ini sudah bisa dijalankan secara full.

Plugin ini cocok bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan pembaca secara langsung melalui kolom komentar. Sayangnya, seringkali komentar dari artikel yang kita buat diserang oleh para spammer. Faktanya, semakin terkenal situs yang kamu miliki, semakin banyak pula kemungkinan di-spam comment oleh robot.

Membersihkan komentar dari spammer ini bisa memakan waktu lama dan menguras tenaga. Untuk itulah, akismet bisa menjadi pelindung bagi website kamu dari serangan orang-orang yang tak bertanggung jawab tersebut.

Nantinya, akismet akan menangkap ribuan komentar spam dan menyegelnya, untuk kemudian kamu hapus dengan satu kali gerakan jari saja. Jadi, jika kamu melihat plugin ini sudah terinstal secara default di wordpress kamu, jangan dihapus ya!

  1. WPForm Lite

Salah satu kelemahan wordpress adalah kurangnya (atau bahkan tidak adanya) contact form secara bawaan. Padahal, contact form ini sangatlah penting. Fitur ini bisa mempermudah calon klien menghubungi kamu kapanpun mereka mau, dan mendatangkan tambahan cuan buat bisnis yang tengah kamu jalani.

Maka dari itulah, kamu perlu menginstal plugin bernama WPForm Lite. Saking bagus dan pentingnya, plugin ini sudah digunakan oleh lebih dari 4 juta situs secara aktif di seluruh dunia.

Kamu bisa menggunakan alat ini dengan berbagai macam tujuan, seperti menjaring para pembaca, calon konsumen, formulir berlangganan email, formulir pembayaran, dan masih banyak lagi.

  1. WP Rocket

Banyak para blogger dan webmaster yang selalu melupakan plugin terbaik yang satu ini, padahal WP Rocket bisa membantu meningkatkan sinyal SEO secara alami.

Tujuan utama dari plugin ini adalah mengoptimasi cache dan kinerja suatu website, sehingga akan meningkatkan kecepatannya setiap kali pengunjung masuk. Semakin cepat loading website yang kamu miliki, maka akan semakin baik.

Faktanya, kecepatan sebuah website untuk diakses sangatlah mempengaruhi nilai SEO, sehingga akan mempermudah website untuk cepat nangkring di pejawan.

Teori ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh Google itu sendiri, yang mengatakan bahwa “kecepatan website adalah salah satu sinyal yang digunakan oleh algoritma mesin pencari kami.

Jadi selain kamu merias tampilan website, menambahkan konten informatif, dan menghiasinya dengan produk yang ingin kamu jual, perhitungkan juga kecepatan website kamu saat ini.

Selalu gunakan hosting terbaik dengan latency yang rendah. Bila perlu, gunakan VPS jika website kamu berskala menengah ke atas. Selanjutnya, gunakan pula plugin WP Rocket untuk meningkatkan kinerja website agar lebih lancar dan tidak membuat pembaca kabur ke blog yang lain.

Baca Juga

8 Plugin Terbaik WordPress yang Harus Segera Kamu Install

Leave a Reply