Apa itu SEO dan Bagaimana Backlink Membantu di Serp yang Lebih Baik

3 min read

Apa itu SEO dan Bagaimana Backlink Membantu di Serp yang Lebih Baik

SEO adalah salah satu pekerjaan paling rumit yang tidak perlu ada di dunia bisnis internet. Ada begitu banyak “rahasia” dan “guru” yang menawarkan pengetahuan tersembunyi yang diperlukan untuk peringkat mesin pencari teratas, padahal pada kenyataannya, optimasi mesin pencari sebenarnya cukup sederhana, salah satunya adalah Backlink.

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, dapat dibagi menjadi dua bagian: SEO On-site, dan link building.

SEO On-site adalah proses mengoptimalkan konten halaman Anda untuk kata kunci atau keyword yang anda bidik. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan alat gratis seperti Semrush, Ahref, dll yang akan menganalisis halaman web Anda dan memberikan saran tentang cara mengoptimalkannya dengan lebih baik.

Penempatan Kata Kunci

Paling sederhana, SEO On-site memastikan bahwa kata kunci Anda ditemukan (dalam jumlah yang tepat) di tempat yang tepat. Secara khusus, mesin pencari ingin melihat kata kunci Anda di:

  • Judul halaman
  • badan halaman
  • Teks tebal
  • Bagian atas halaman
  • Bagian bawah halaman
  • Alt text
  • Link teks

Link building adalah, bagian kedua SEO, setidaknya sama pentingnya dengan SEO On-site, tetapi sering diabaikan. Ketika mesin pencari melihat situs Anda, mereka juga melihat semua situs yang tertaut ke situs Anda. Setiap situs yang menautkan ke situs Anda memberi situs Anda sejumlah “suara” tertentu, berdasarkan beberapa faktor.

Apa yang membuat backlink berkualitas?

Jadi, semakin banyak tautan berkualitas yang bisa Anda dapatkan ke situs Anda, semakin tinggi peringkat Anda di mesin pencari. Tetapi sebelum Anda dapat mulai mendapatkan tautan ke situs Anda, Anda perlu tahu apa yang membuat tautan berkualitas. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas tautan:

1. Anchor text
backlink berkualitas tinggi akan memiliki kata kunci Anda di Anchor text, atau bagian teks yang dapat diklik dari backlink.

2. Kualitas situs
backlink berkualitas tinggi adalah tautan dari situs berkualitas, unik, berbasis konten yang terkait dengan situs Anda.

3. Variasi Anchor text
Saat membangun tautan, Anda ingin harus memvariasikan Anchor text Anda. Jika semua tautan Anda memiliki teks yang sama, mesin pencari mungkin mengabaikannya sebagai spam.

4. Pelan tapi pasti
Hal-hal baik datang kepada mereka yang menunggu. Membangun link harus dilakukan secara perlahan dan mantap. Jika Anda membuat banyak tautan sekaligus, Anda berisiko tautan tersebut dianggap sebagai spam oleh mesin pencari.

Untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari, mendapatkan backlink adalah penting. Tetapi mendapatkan tautan dari situs lain bisa jadi sulit. Berikut adalah 2 cara kreatif yang bisa Anda coba untuk mendapatkan lebih banyak backlink.

Cara mendapatkan Backlink ?

Mulai Komunitas Situs Web

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan backlink adalah dengan memulai membuat situs yang lain dan menautkannya ke situs Anda. Blog adalah cara yang bagus untuk mendapatkan trafik karena tidak ada biaya, mereka menyediakan trafik gratis, dan mudah dicari di seluruh komunitas blogging. Saya telah melihat berbagai situs web lain yang menargetkan audiens yang lebih muda bahkan menggunakan myspace sebagai sumber trafik dan backlink.

Kampanye Email

Beberapa orang ragu-ragu untuk melakukan ini karena mereka pikir tidak ada orang yang akan mengunjungi situs mereka jika email tersebut dibuka, atau mereka tidak tahu kepada siapa harus mengirim email promosi. Jika situs Anda memiliki kualitas konten yang bagus, menarik dan informatif tidak ada salahnya anda mencoba teknik ini.

Beri diri Anda kepercayaan diri, dan ingatlah bahwa tidak satu pun dari teknik ini akan membuat situs web Anda masuk daftar hitam atau berisiko, kecuali membuang-buang waktu Anda. Tetapi jika Anda punya waktu luang, teliti siapa audiens Anda, dapatkan daftar email audiens Anda dan mulai kampanye email Anda. Ingatlah bahwa 1 email tidak akan berhasil. Anda perlu terus mengirim email kepada orang-orang, tetapi ubah konten email setiap kali Anda melakukannya.

Kecuali Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan backlink, saya tidak akan khawatir tentang seberapa baik metode Anda bekerja. Sebagian besar teknik yang tercantum di atas serta yang lain yang mungkin Anda pikirkan akan memberi Anda peningkatan trafik yang akan bertahan lama, serta meningkatkan peringkat di mesin pencari. Hal-hal ini membutuhkan banyak waktu, tetapi imbalannya bisa tinggi.

Backlink memainkan peran penting dalam SEO

Saat ini optimasi mesin pencari menjadi kompetitif dari hari ke hari dan backlink mendapatkan popularitas sebagai alat SEO yang penting. peran penting untuk SEO. Saat membahas tentang pentingnya backlink, mereka dapat disebut sebagai tulang punggung website yang memberikan dukungan yang tidak terlihat tetapi penting.

Baca Juga :

Cara Meningkatkan SEO Website – 4 Langkah Jitu yang Wajib Dilakukan

Mendefinisikan secara teknis backlink adalah inbound link pada website. Mereka adalah backlink yang ditempatkan di halaman web lain dan mengarah ke situs web Anda, ini juga dikenal sebagai incoming links atau inbound link. backlink berkualitas menambah bobot popularitas website dan peringkat mesin pencari. 95% fokus SEO hari ini berkisar pada backlink berkualitas.

Ada beberapa cara untuk membangun backlink yang berkualitas dan efektif untuk website Anda. Mengirimkan situs Anda ke direktori, situs artikel, Siaran Pers Online, menempatkan link anda di forum, meninggalkan komentar di blog dll adalah beberapa metode termudah untuk inbound link. Anda dapat menggunakan program pertukaran backlink timbal balik dengan situs web berkualitas untuk berhubungan dengan mereka.

Backlink diistilahkan sebagai tulang punggung website.

Pentingnya backlink untuk permainan SEO dapat dibahas di bawah poin-poin berikut:

  • Backlink berkualitas menarik mesin pencari untuk menemukan situs web Anda. Di sini, kualitas backlink mendominasi. backlink yang mengarah ke webiste Anda. Hal penting yang harus diperhatikan adalah, webiste yang menautkan ke Anda yang memiliki konten yang relevan dengan webiste Anda akan berkinerja lebih baik daripada webiste yang memiliki konten yang tidak terkait dengan webiste Anda.
  • Backlink adalah bagian dari keseluruhan proses algoritma peringkat untuk semua mesin pencari. Jika dua situs serupa dalam konten dan desain, mesin pencari memiliki kecenderungan untuk memilih situs yang memiliki lebih banyak tautan masuk tetapi sekali lagi backlink berkualitas mendominasi. Menautkan dengan situs yang buruk akan menyebabkan penurunan website Anda di mesin pencari.
  • Backlink berkualitas tidak hanya mendorong mesin pencari tetapi juga merupakan faktor penting untuk menarik pengunjung ke website Anda.
  • Tidak hanya Google tetapi semua perusahaan besar seperti Yahoo dan MSN sekarang menggunakan popularitas backlink dan anchor text sebagai faktor terpenting dalam menentukan peringkat mereka.

Jika Anda berminat untuk mendapatkan backlink berkualitas. anda bisa menggunakan jasa backlink pbn berkualitas