Cara Membangun PBN – 9 Faktor Penting yang Tak Boleh Terlewatkan

3 min read

Cara Membangun PBN – 9 Faktor Penting yang Tak Boleh Terlewatkan

Kekuatan jaringan website yang disebut sebagai PBN sudah tak perlu kita ragukan lagi. Sekumpulan expired dan aged domain ini bisa meningkatkan kesuksesan terhadap moneysite yang tengah kita bangun saat ini.

Sekalipun katanya masuk ke dalam blackhat dan penuh dengan resiko, namun kebanyakan webmaster masih doyan menggunakan tekhnik powerful yang satu ini.

Bukan karena sombong atau gegabah, melainkan karena tingkat kesuksesannya yang begitu tinggi sekaligus menghemat banyak waktu di saat yang bersamaan.

Tapi perlu diingat bahwa cara membangun PBN itu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada aturan dan faktor penting ketika mulai membuat jaringan tersebut.

Agar usaha kamu tak menjadi sia-sia, berikut adalah cara membangun PBN agar hasil yang didapatkan tidak setengah-setengah sekaligus meningkatkan moneysite kamu di SERP dengan tepat sasaran.

#1 Harus Didaftarkan Dengan Registrar Unik

Saat membangun PBN, maka hal pertama yang mungkin harus kamu lakukan adalah mencari expired domain kemudian membelinya.

Nah, pada saat proses tersebut berlangsung, pastikan kamu menggunakan nama palsu agar identitas asli kamu tidak tercatat di registrar.

Kamu juga harus mengaktifkan whois guard agar tak bisa diintip oleh orang lain, termasuk si mbah Google.

Seperti yang sudah dibahas di atas, membuat PBN artinya kamu harus siap berhadapan langsung dengan resiko. Jadi, pastikan kamu mengurangi tingkat kegagalan dengan menggunakan identitas palsu di setiap domain PBN yang kamu daftarkan.

#2 Gunakan Hosting Provider yang Berbeda

cara membangun pbn

Bukan provider yang menjadi masalah, melainkan IP Subnet-lah yang harus dibedakan antara satu website PBN dengan yang lainnya. Maka secara otomatis, kita harus mencari lebih dari satu provider hosting sesuai dengan jumlah PBN yang kamu miliki.

Alamat IP itu direpresentasikan sebagai kelas A hingga D. meskipun C dan D sudah masuk ke dalam kategori aman, akan tetapi lebih disarankan agar setiap PBN memiliki IP kelas A yang berbeda.

Banyak kok sejumlah hosting provider yang menyediakan alamat IP berbeda kepada para konsumennya, tinggal kitanya saja yang rajin mencari tempat yang tepat.

Ingat, PBN link building itu penuh resiko tetapi bisa mendatangkan hasil yang sangat besar. Jadi tak ada ruginya melakukan riset seharian demi mendapatkan hosting provider terbaik yang akan digunakan.

#3 Konten Unik Super Berkualitas

Sekalipun sudah banyak saran dan larangan terhadap penggunaan artikel kopas atau spun, tapi masih saja banyak pemilik PBN yang bandel dan memberanikan diri untuk memposting konten abal-abal tersebut ke dalam asetnya tersebut.

Terlebih jika kamu bergabung dengan grup PBN, maka akan selalu dihadapkan dengan orang-orang yang tak bertanggung jawab seperti ini.

Konten unik itu memang mahal harganya, tetapi bisa menjadi pondasi terkuat yang harus dimiliki oleh setiap website PBN. Jika pondasinya bobrok, maka jangan harap bisa membantu membangun gedung tinggi (moneysite), malah bisa membuatnya roboh bahkan sebelum kamu berhasil BEP dan profit.

#4 Satu Link untuk Satu Moneysite

Katakanlah kamu memiliki 100 buah PBN, maka penanaman backlink terhadap moneysite kamu tak boleh lebih dari satu. Dengan begitu, 1 moneysite hanya boleh menerima satu backlink dari masing-masing PBN.

Meskipun PBN ini bisa dipakai berkali-kali, akan tetapi itu berlaku untuk moneysite kamu yang lainnya.

Jika memaksakan diri untuk melakukan hal tersebut, maka Google akan curiga terhadap footprint dan backlink yang moneysite kamu dapatkan.

Jika ketahuan, maka si mbah tak akan segan-segan untuk menenggelemkan website kamu ke dasar mesin pencarian atau bahkan di-deindex. Jika tak ingin hal tersebut terjadi, selalu ikuti panduan cara membangun PBN secara seksama.

#5 Hanya Menggunakan Kontekstual Link

Memang internal linking yang didapatkan dari widget tidak diharamkan. Namun lain lagi jika tautan tersebut berupa outbond link yang mengarah ke moneysite kamu.

Link yang didapatkan dari sidebar dan footer tak hanya mendatangkan resiko besar, tetapi juga kekuatannya kurang begitu powerful.

Lain lagi jika backlink tersebut kamu sematkan pada kontekstual link, maka akan mendatangkan visitor tertarget sekaligus membantu posisi moneysite kamu di SERP secara positif.

Bagi yang belum tahu, kontekstual link merupakan jenis tautan yang terdapat dalam isi artikel atau konten, sehingga Google akan membacanya sebagai referensi terkait dengan topik yang tengah dibahas.

#6 Tiap Artikel Harus Memiliki 2-5 Link Keluar

Tujuannya cukup sederhana, agar Google menilainya nampak natural. Bahkan jika pada saat itu kamu hanya memiliki 1 moneysite saja. Kamu boleh mengirimkan backlink ke website ternama seperti wikipedia, CNN, kompas, dan lain sebagainya, agar backlink ke moneysite kamu nampak berbaur.

Beberapa artikel juga tak boleh memiliki tautan link keluar sama sekali. Jadi pastikan kamu meng-update PBN secara berkala dengan dan tanpa outbond link.

Jadwalkan secara terperinci dan terarah, atau disesuaikan saja dengan topik yang tengah kamu bahas.

Jika misalnya artikel yang kamu buat tak membutuhkan referensi sama sekali, maka jenis konten tersebut tak harus menggunakan link keluar, sehingga bisa menghilangkan kecurigaan saat ada manual review.

#7 Buat Beberapa Artikel Sebelum Digunakan

Jangan buru-buru melakukan backlink! Buat dulu beberapa artikel yang membahas tentang topik terkait. Gunakan internal linking untuk membuatnya nampak rapi dan natural.

Disarankan untuk membuat sampai 3 artikel terlebih dahulu tanpa adanya link ke luar. Setelah itu, baru boleh mulai melakukan penanaman backlink di artikel nomor 4.

Jangan lupa juga untuk melengkapi website PBN kamu dengan halaman sejuta umat, seperti about us, contact us, term and condition, dan privacy policy.

Keempat halaman tersebut sudah berkali-kali menyelematkan banyak webmaster agar lolos dari manual review.

#8 Gunakan Anchor Text yang Berbeda

Google sudah semakin canggih dan pintar, sehingga bisa menilai sebuah spammy website hanya dari backlink dan anchor text yang kita dapatkan.

Tentunya kita ngebet banget untuk bisa meranking di keyword-keyword tertentu, tapi bukan berarti harus melakukan over optimasi terhadap moneysite kita tersebut.

Google sendiri sangatlah menyukai hal-hal yang berbau natural, sehingga kita pun harus mengikuti cara mainnya tersebut.

Sederhananya, gunakan LSI sebagai anchor text agar terhindar dari kecurigaan Google terhadap situs utama kita.

Bukan hanya sekedar terbebas dari resiko, juga akan membantu moneysite kita meranking di beberapa keyword turunan, yang juga tak kalah dalam memberikan visitor tertarget.

#9 PBN Harus Memiliki Niche Sejenis

Relevansi juga menjadi sebuah pertimbangan bagi Google untuk memajang website kita di pejawan hasil pencarian mereka.

Bukan hanya topik dari PBN yang tengah kamu bangun saat ini saja, melainkan harus sama dengan topik ketika website tersebut masih dimiliki oleh pemilik lama.

Memang cenderung agak susah untuk menemukan jenis PBN yang diinginkan, akan tetapi jika berbicara masalah bisnis jangka panjang, maka bagian ini patut dipikirkan secara matang.

John Mueller dari Google sendiri mengatakan bahwa jika mesin pencari mereka mengetahui dan menilai bahwa moneysite kita mendapatkan backlink dari website yang topiknya tak sama, maka backlink tersebut tak akan dianggap dan tak masuk hitungan.

Alhasil pekerjaan kita akan menjadi sia-sia. Ini sudah terbukti dengan banyaknya para webmaster yang mengeluh bahwa aktivitas backlinking mereka di PBN tidaklah manjur. Padahal, pondasi saat pembuatannya yang keliru. Sekalipun cara membangun PBN itu tidak sederhana, akan tetapi bisa mendatangkan manfaat yang melimpah, jadi patut untuk dicoba.