Cara Membeli Domain PBN dan Tempat Terbaik untuk Didatangi

3 min read

Cara Membeli Domain PBN dan Tempat Terbaik untuk Didatangi

Membuat website itu tidak terlalu sulit! Kita tinggal membeli domain dan hosting, kemudian mendesainnya dengan mudah menggunakan CMS seperti wordpress. Biasanya semua tahapan ini bisa selesai hanya dalam kurun waktu satu hari saja.

Tetapi sebenarnya, pembelian domain dan hosting serta mendesain website itu hanya tahapan awal saja. Pekerjaan yang sebenarnya terletak pada pemeliharaan, pengisian konten secara berkala, dan link building sebagai bagian dari strategi SEO.

Berbicara masalah link building, mungkin diantara kamu sudah tahu jika PBN merupakan tekhnik terbaik dan terkuat yang bisa dicoba pada masa kini.

Sayangnya sekalipun seseorang sudah jago dalam mendesain website dan membuat situs pribadi, akan tetapi belum tentu mampu membangun network link building pribadi yang disebut sebagai PBN.

Soalnya ada banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, salah satunya adalah pembelian domain itu sendiri.

Domain untuk PBN tidak boleh dipilih secara sembarangan, dan harus dinilai dari metriks yang dimilikinya.

Jika misalnya kamu berniat untuk membuat PBN dan tengah mencari cara bagaimana membeli domain untuk PBN tersebut, maka ada 6 pilihan yang bisa kamu lakukan.

Tanpa banyak berbasa-basi lagi, berikut adalah 6 tempat dan cara membeli domain PBN untuk kebutuhan link building.

Membeli Dari Broker

cara membeli domain pbn

Broker merupakan agen atau pihak yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, mereka akan mendapatkan sedikit untung jika berhasil menjualkan domain orang lain untuk kita beli.

Membeli expired domain dari broker bisa dibilang menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan karena biasanya melibatkan para profesional dalam mengecek metriks.

Jadi harga yang mereka tawarkan tentunya memiliki alasan yang kuat – tak serta merta menjual mahal tanpa adanya metriks yang super keren.

Bahkan jika ini kali pertama kamu membeli domain untuk kebutuhan PBN digital marketing, maka disarankan membelinya melalui broker beberapa kali agar tahu jenis barang mana yang bagus dan layak untuk dikejar.

Disarankan untuk membeli 2 hingga 3 domain sebagai perbandingan. Dari sana kamu pasti bisa menilai jenis domain terbaik untuk bisa dijadikan PBN berdasarkan metriks yang ada.

Beberapa broker bisa kamu temukan dengan mudah bahkan di forum-forum SEO seperti BlackHatWorld dan Ads.id.

Tapi tetap berhati-hati terhadap para scammer dengan testimonial palsu. Selalu cek kredibilitasnya terlebih dahulu.

Testimonial asli biasanya bisa didapatkan dari para silent buyer. Cukup cek lapaknya, kemudian lihat beberapa orang yang membeli domain di sana. Kemudian sortir beberapa pelanggan yang tidak menyertakan review. Mereka lah yang disebut sebagai silent buyer dan bisa kita cari informasi mengenai broker yang mereka gunakan.

Membeli Dari Lelang

Semakin ramai sebuah lelangan, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa domain yang ditawarkan memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Tapi kualitas tentunya berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Semakin ramai orang yang melakukan bid, maka semakin mahal juga sebuah domain tersebut.

Maka dari itulah, kamu harus menyiapkan budget yang lumayan tinggi jika ingin memborong domain berkualitas tinggi untuk dijadikan sebagai PBN.

Salah satu tempat lelangan yang bisa kamu datangi adalah GoDaddy. Perusahaan ini merangkap sebagai registrant domain dan hosting provider.

Ada tips tertentu untuk bisa menang lelang tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang. Caranya dengan melakukan penawaran tepat di waktu-waktu masa lelangan tersebut berakhir.

Di GoDaddy, selalu ada batas waktu pelelangan demi menghindari status expiring domain berubah menjadi expired domain.

Namun jika kamu memilih domain lelangan di forum-forum, maka biasanya domain tersebut sudah dibeli terlebih dahulu oleh pelaku lelang, sehingga trik di atas tak bisa digunakan.

Para pelaku lelang di forum ini biasanya akan membatasi waktu lelang beberapa jam dari bid terakhir, demi mendapatkan penawaran terbaik.

Namun dimanapun kamu mengikuti lelangan domain untuk dijadikan sebagai PBN, maka ciri utama yang wajib kamu lihat adalah dari sisi ramainya suatu lapak. Sekalipun terkadang kita bisa menemukan emas dalam tumpukan jerami (lelangan domain yang belum dilirik para bidder).

Backordering Pending Delete Domain

Kamu juga bisa membeli expired domain dengan cara backorder pending delete, atau memesan tepat sebelum masa berlaku dari domain tersebut habis.

Domain yang akan dihapus biasanya akan masuk ke dalam status “menunggu penghapusan” selama 5 hari. Saat masuk fase ini, pemilik lama sudah tak akan mungkin bisa melakukan renewal, sehingga bisa kamu sasar tepat setelah masa backdrop tersedia.

Daftar domain ini misalnya bisa kamu lihat di: https://www.expireddomains.net/expired-domains. Di sana kamu bisa melihat metriks yang dapat dijadikan pertimbangan.

Rata-rata backorder memiliki harga $69. Pastikan pula kamu melakukan backorder di tempat berbeda, terutama jika domain tersebut nampak sangat berharga dan menggiurkan.

Backordering Secara Manual

Caranya sama seperti di atas, hanya bedanya dilakukan secara manual dengan tujuan biaya registrasi expired domainnya bisa jauh lebih murah karena menggunakan harga normal.

Namun tingkat kesuksesannya begitu rendah. Pasalnya, para registrant pasti tahu nilai sebuah website, sehingga sebelum masa pending delete-nya selesai, biasanya mereka akan membelinya secara pribadi untuk dijual atau dilelang dengan harga yang jauh lebih mahal.

Lain lagi jika kamu melakukan backordering melalui registrant bersangkutan, maka kemungkinan kita mampu memenangkan domain berharga tersebut akan jauh lebih besar.

Para pencari domain PBN juga sebenarnya senantiasa berperang mencari permata dalam lumpur tersebut setiap harinya.

Cari Dropped Domain di Daftar Arsip

Ada sekitar 200 ribu domain yang di-dropped setiap harinya. Jadi tak heran jika beberapa diantara yang berkualitas tinggi seringkali lepas dari pengamatan registrant maupun kita sebagai pemburu domain PBN.

Nah, ada beberapa layanan yang memiliki arsip dropped domain ini dengan harga jual jauh lebih murah.

Diantara 200 ribu domain tersebut, pasti kita mampu menemukan setidaknya satu buah domain dengan kualitas terbaik.

Memang tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi, akan tetapi jika berbicara mengenai harga, maka pilihan ini bisa menjadi yang terbaik untuk kamu lakukan.

Gunakan Expired Domain Crawler

Ada banyak kok tools yang berfungsi untuk merayapi dan mencari expired domain berkualitas tinggi secara otomatis.

Misalnya tools yang dijual oleh DomComp. Crawler ini bekerja dengan cara merayapi semua halaman situs web berotoritas tinggi dengan settingan yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan begitu hasil expired domain yang keluar sudah tersortir dengan baik, yang mana diantaranya memiliki metriks luar biasa bagusnya.

Salah satu rahasianya adalah dengan mencari broken link di Wikipedia, kemudian memeriksa alasan matinya website tersebut.

Jika memang disebabkan oleh kadaluarsa, maka domain tersebut akan dimasukan ke dalam daftar rekomendasi sehingga bisa kita putuskan sendiri untuk digunakan atau tidak.

Ingat, bot hanya bekerja untuk mempermudah usaha kita. Sementara rahasia kesuksesannya tetap terletak pada man behind the gun, yaitu diri kita sendiri. Pada saat eksekusi, cara membeli domain PBN di atas tentunya harus dilakukan secara manual dan penuh ketelitian.

Leave a Reply