Cara Membuat Website WordPress Dengan 6 Langkah Dasar Sederhana

3 min read

Cara Membuat Website Wordpress Dengan 6 Langkah Dasar Sederhana

Ingin membangun sebuah website tapi benar-benar tidak tahu yang namanya HTML, PHP, atau CSS? Tenang! Kamu masih bisa membuatnya dengan mudah berkat kehadiran CMS yang disebut sebagai WordPress.

Ada banyak sekali CMS yang bertebaran di internet, tetapi yang terbaik dan yang paling banyak dipakai adalah wordpress. Karena selain mudah untuk digunakan, wordpress sangatlah berteman baik dengan SEO.

Jadi tak heran, jika para pebisnis internet dan pemilik toko online seringkali menggunakan wordpress sebagai pilihan utama untuk dipasang di website mereka.

Nah, buat kamu yang sekarang ingin mencoba membangun sebuah website menggunakan CMS wordpress, terus baca ya! Karena pada kesempatan ini saya akan menjelaskan secara terperinci langkah bersama informasi yang belum tentu kamu dapatkan di tempat lain.

Adapun langkah dan cara membuat website wordpress sudah kami paparkan di bawah ini secara lengkap.

  1. Tentukan Niche

Jika kamu memiliki banyak budget, tentu boleh menyasar semua pangsa pasar di Indonesia, dimulai dari anak-anak hingga kakek nenek. Akan tetapi, buat kamu yang memiliki budget terbatas, akan lebih baik jika topik website kamu hanya menyasar satu kalangan tertentu saja.

Secara sederhananya, niche itu adalah topik dari website yang ingin kamu bangun. Ada banyak topik yang bisa kamu pilih, misalnya bisnis, internet marketing, kesehatan, otomotif, news, dan lain sebagainya.

Tetapi niche terbaik yang bisa kamu pilih adalah jenis yang disesuaikan dengan diri kamu sendiri, atau produk yang mau kamu jual.

Misalnya, jika kamu seorang dokter, maka kamu bisa membangun sebuah website tentang kesehatan. Website niche kesehatan yang ditulis langsung oleh dokter tentunya cenderung memiliki kredibilitas yang jauh lebih baik.

Atau jika misalnya kamu tengah berjualan produk make-up, maka bisa membangun website bertema kecantikan. Dengan begitu, pembaca dan pengunjung yang masuk ke website kamu benar-benar tertarget.

Ada pula sebuah website yang memasukkan segala macam niche, yang biasa kita kenal dengan istilah general website atau blog gado-gado.

  1. Beli Domain

Domain itu adalah nama situs yang biasa orang awam sebut sebagai “www” atau “http”. Kebanyakan orang mungkin berpikir sangat sulit untuk mendapatkan sebuah nama website, padahal semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah dan dengan harga murah.

Salah satu vendor penyedia domain yang paling terkenal adalah GoDaddy. Disana, kamu bisa membuat dan memilih nama domain secara bebas.

Untuk bagian ini, ada 2 kategori penting yang harus kamu tentukan, yaitu:

  1. Brand Domain. Nama situs website ini biasanya menyertakan nama kamu, nama perusahaan kamu, dan lain sebagainya. Misalnya: Google.com atau Facebook.com. Nama Google dan Facebook sebenarnya tidak memiliki arti dan bukan kata kunci. Saat sang pemilik memilih nama tersebut, mereka semata-mata ingin mem-branding nama yang kelak menjadi perusahaan terbesar di dunia.
  2. Keyword Domain. Nah kalau ini, harus berdasarkan riset kata kunci terlebih dahulu. Keyword Domain biasanya berisi tentang kata kunci yang kamu target, misalnya jualbajumurah.com, jualsateonline.com, dan lain sebagainya.

Setelah berhasil menentukan nama domain, saatnya kamu memilih ekstensi dari nama website yang akan kamu bangun. Ada 3 ekstensi umum yang selalu digunakan, yaitu .com, .net, dan .org.

Buat awalan, disarankan untuk memilih .com saja. Jika target market kamu orang Indonesia, memilih ekstensi domain .co.id juga boleh.

  1. Sewa Hosting

Jadi, website itu terdiri dari 2 unsur utama, yaitu domain dan hosting. Setelah kamu berhasil membeli domain, maka belum bisa diisi konten dan di-online-kan jika belum punya hosting.

Jadi mau tak mau harus sewa tiap bulan atau tiap tahunnya. Ada banyak sekali penyedia hosting yang bisa kamu pilih dengan harga terjangkau, seperti misalnya HawkHost yang membandrolnya dengan harga antara $3-$10 per bulannya.

Banyak juga penyedia jasa hosting di Indonesia yang bisa kamu bayar menggunakan rupiah (jika tidak memiliki kartu kredit).

  1. Install WordPress

Sekarang kita masuk ke topik utama, yaitu membuat website wordpress. Setelah kamu berhasil menyambungkan hosting dan domain, maka langkah selanjutnya adalah mulai menginstall wordpress melalui control panel.

cpanel

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Log-in ke control panel. Bisa kamu akses dengan mengetikkan namadomain.com/cpanel.
  2. Masukkan username dan password. Kedua detail informasi ini biasanya diberikan saat kamu membeli hosting melalui email.
  3. Scroll ke bawah dan cari tab Software, kemudian klik WordPress.

Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman berikutnya. Cari kata install untuk memulai instalasi wordpress di website kamu tersebut, dengan rincian seperti berikut:

wordpress

  1. Choose the version. Biarkan saja sesuai isi awal.
  2. Choose installation URL. Protokolnya akan lebih baik menggunakan HTTPS. Tapi jika kamu belum punya SSL Layer, maka pilih HTTP saja. Choose Domain pakai nama domain kamu, sementara In Directory dikosongkan saja.
  3. Site Name. Masukan nama situs kamu. Ingat ya, harus sesuai dengan topik website. Misalnya, “Situs Kesehatan Dokter Boyke”
  4. Deskripsi. Berikan gambaran tentang website kamu dalam satu kalimat. Misalnya “situs kesehatan yang dibuat langsung oleh pakarnya, Dr. Boyke”.
  5. Username dan Password. Jangan sampai lupa ya! Soalnya nanti dipakai saat log-in ke beranda wordpress kamu.
  6. Lalu klik INSTALL.

Untuk mulai mengakses meja kerjanya, kamu tinggal masuk ke halaman namadomain.com/wp-admin, lalu masukkan nama dan password yang barusan kamu isi (lihat nomor 5 di atas).

  1. Mulai Bangun Website WordPress

Cara membuat website wordpress di atas sebenarnya hanya langkah awal dari keseluruhan pekerjaan. Tugas sebenarnya dimulai dari sekarang.

wordpress

Dalam membangun website wordpress, atau pekerjaan jangka pendek dan jangka panjang. Langkahnya adalah seperti ini:

  1. Klik bagian Appearance dan lalu pilih Theme. Silahkan pilih tema yang ingin kamu gunakan.
  2. Selanjutnya setting tampilannya di bagian Appearance => Customize.
  3. Masukkan Widget yang diperlukan.
  4. Menu bisa kamu gunakan jika sudah memiliki postingan page atau category.
  5. Persiapkan gambar untuk bagian Header agar nampak lebih profesional.
  6. Buat Postingan atau artikel.

Nomor 1 sampai 5 itu berupa pekerjaan jangka pendek. Akan tetapi memposting artikel haruslah kamu lakukan dalam jangka panjang. Pastikan kamu meng-update website kamu minimal 1 minggu sekali dengan konten dan artikel fresh serta unik.

  1. Link Building

Jika kamu ingin kebanjiran order, maka website kamu harus bisa merangking di pejawan google agar bisa menarik banyak visitor dan calon pembeli yang potensial.

Selain dengan membuat konten berkualitas, website wordpress kamu juga harus didukung oleh SEO melalui tekhnik link building.

Ada banyak sekali cara yang ampuh dalam mendongkrak posisi website kamu di SERP, salah satunya adalah dengan mendapatkan backlink dari PBN.

Sekalipun membangun PBN tidak semudah membalikkan telapak tangan, untungnya sudah banyak jasa backlink PBN di internet dengan harga yang murah tetapi berkualitas bintang lima.

Begitulah cara membuat website wordpress dengan mudah.

Leave a Reply