Cara Riset Keyword Gratis – Datangkan Ribuan Visitor dan Calon Pembeli

2 min read

Cara Riset Keyword Gratis – Datangkan Ribuan Visitor dan Calon Pembeli

Saat kita ingin menjual jasa atau produk tertentu, tentunya kita harus mengerti dan tahu kebutuhan dari calon pelanggan kita. Dengan begitu, kita bisa memenuhi permintaan mereka dan terjadilah proses jual beli. Di dalam dunia internet marketing, proses ini bisa dipermudah dengan riset keyword.

Secara sederhananya, riset keyword tersebut dapat memberitahu kita informasi yang begitu penting. Tidak hanya kata kunci yang dicari oleh para calon pelanggan atau pembaca kita saja, akan tetapi hingga kompetitor, ide baru, hingga pasar ceruk yang bisa mendatangkan cuan.

Lantas, bagaimana sih cara riset keyword yang benar? Dan apakah ada yang gratis? Tentu saja ada! Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita tengok langkahnya di bawah ini.

  1. Tentukan Topik

Topik dari website bisa menjadi cerminan dari jasa yang tengah kamu jual.

Misalnya, jika saat ini kamu tengah menjual jasa backlink PBN, maka topik yang harus dibuat harus meliputi dunia internet marketing dan SEO. Jika kamu tengah berjualan suplemen minyak ikan, maka topik yang harus dibahas haruslah berkisar tentang dunia kesehatan.

Jadi menentukan topik itu tidak boleh dilakukan sembarangan. Kamu harus bisa mendeskripsikan jasa kamu ke dalam beberapa kata. Langkah ini sangat penting karena merupakan pondasi dari riset keyword yang akan segera kita kerjakan.

  1. Gunakan Google Suggest

Mesin pencari tidak hanya menjadi guru bagi para netizen, tetapi juga sebagai gudang ide bagi para pelaku bisnis online. Bagaimana tidak, hanya dengan sedikit usaha saja, kita bisa tahu apa yang dicari dan diinginkan oleh para calon pelanggan kita, salah satunya melalui google suggest.

Google Suggest

Misalnya jika kamu saat ini ingin membuat artikel tentang “cara menyembuhkan sakit gigi”, maka tinggal ketikan saja kata kunci tersebut di google, dan akan muncul daftar suggest (saran) secara otomatis.

Menariknya, suggest ini merupakan data masa lalu yang diambil dari kebutuhan para pencari. Dengan kata lain, ini adalah pangsa pasar yang bisa kamu ambil. Ini adalah cara riset keyword gratis dan langkah pertama yang paling praktis

  1. Cari Pasar Ceruk

Pasar ceruk itu merupakan istilah sederhana dari sebuah keyword yang memiliki banyak pencarian akan tetapi rendah kompetitor. Jika kamu berhasil mendapatkan keyword emas yang satu ini, maka selain mudah untuk dirangkingkan di mesin pencari, juga mendatangkan visitor yang sangat banyak, sehingga menjadi calon pelanggan yang sangat potensial.

Untuk menemukannya, kamu bisa menggunakan beberapa tool gratisan seperti ubersuggest miliknya Neil Patel.

ubersuggest

Kita kembali gunakan contoh keyword “cara menyembuhkan sakit gigi”.

Pertama-tama, coba cari suggest-nya seperti langkah nomor 2 di atas, kemudian pilih salah satu. Setelah itu, baru masukkan ke dalam ubersuggest.

Pada contoh kali ini, saya gunakan keyword “cara menyembuhkan sakit gigi berlubang”. Menurut ubersuggest, kata kunci ini memiliki search volume sebanyak 1600 dan SEO difficulty sebesar 9. Itu artinya, keyword ini adalah pasar ceruk yang bisa kamu sasar.

Penjelasan lengkapnya seperti ini:

  1. Search Volume merupakan rata-rata pencarian dari kata kunci tersebut tiap bulannya. Artinya, ada sekitar 1600 pembaca potensial yang akan mendatangi website kamu jika berhasil menempati posisi puncak mesin pencari.
  2. Sementara SEO Difficulty adalah tingkat kesulitan dari keyword tersebut. Nilai ini berkisar dari 0 hingga 100. Semakin besar semakin sulit. Untuk keyword ini hanya memiliki nilai 9, berarti benar-benar layak untuk dicoba.

Sekarang coba kamu bayangkan. Jika kamu berhasil merangkingkan keyword tersebut di page 1 google dan dibaca 1600 orang tiap bulannya, kemudian kamu tempatkan produk kamu di sana (misalnya obat sakit gigi), maka produk kamu akan semakin dikenal tanpa harus melakukan banyak upaya besar.

Ada kemungkinan juga dari 1600 orang tersebut membeli produk yang kamu pajang di artikel, yang kemudian kita kenal dengan istilah konversi. Tingkat konversi rata-rata adalah 10%. Itu artinya, kamu boleh berharap mendapatkan penjualan sebanyak 160 sale setiap bulannya.

Inilah cara riset keyword gratis yang bisa mendatangkan cuan tanpa henti, asalkan kamu ikuti langkahnya dengan benar.

  1. Cari LSI

LSI memiliki singkatan latent semantic indexing, atau kata turunan dari keyword yang kamu sasar. Biasanya LSI mengandung lebih dari 3 kata. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan tools gratisan lain seperti keywordtool.io.

keywordtool

LSI ini banyak sekali fungsinya, salah satunya adalah sebagai artikel pilar.

Jika kamu memasukkan keyword “cara menyembuhkan sakit gigi berlubang” ke dalam keywordtool.io, maka inilah hasilnya.

Ada banyak sekali ide-ide dan perkembangan topik yang bisa kamu buat. Nanti saat kamu menulis artikel tentang keyword tersebut, pastikan kamu menyertakan bahasan tentang cara menyembuhkan sakit gigi berlubang tanpa obat, secara alami, secara permanen, gusi bengkak, pada anak, dan lain sebagainya.

Tekhnik ini juga bisa mendatangkan lebih banyak visitor buat kamu. Tetapi jangan diambil semuanya dari daftar yang muncul tersebut, karena ada beberapa yang tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Baca juga :

Cara Meningkatkan SEO Website – 4 Langkah Jitu yang Wajib Dilakukan