Pengertian & Manfaat Backlink Untuk Website

2 min read

Yuk Kita Bahas Pengertian & Manfaat Backlink Untuk Website

apa sih yang dimaksud dengan backlink ? dan apa manfaatnya backlink untuk website kita ? kali ini kita akan bahasa mengenai pengertian backlink dan manfaat utama dari backlink itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan Backlink

Menurut Wikipedia, backlink ialah satu rujukan dari web lain pada web kita atau kebalikannya. backlink sebagai salah satunya factor pemasti yang dipelajari algoritme Google mengenai berapa penting halaman web itu ada di halaman pertama penelusuran. backlink adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan usaha online Anda. Implementasi backlink sangat simpel, cuman berbentuk link atau link situs Anda yang ada di website lain. Tujuannya adalah sebuah web yang menempatkan link web Anda di web mereka. Saat lakukan optimisasi SEO backlink sebagai hal yang penting untuk Anda kerjakan. backlink bisa memberi faedah yang positif pada web Anda. backlink sebagai salah satunya factor pemasti baik atau tidaknya web Anda di mata mesin pencari, misalnya Google.

Manfaat Backlink Untuk Website Anda

Sama seperti yang telah diterangkan di atas jika di dunia SEO, backlink sebagai hal yang penting. Ini sebagai satu parameter dalam kesuksesan satu web untuk menempati rangking pertama mesin pencari. Faedah backlink pada SEO khususnya SEO Offsite adalah untuk menaikan integritas web di mata mesin pencari. Secara gampangnya ini bisa memberitahu Google jika situs kita sebagai satu situs yang bisa dipercayai dan memberi info yang betul – betul diharapkan oleh pembaca. Apa jumlah backlink punya pengaruh pada kesuksesan satu web dalam tempati halaman pertama mesin pencari ? Jawabnya adalah TIDAK. Web yang mempunyai backlink 100 belum pasti bisa menaklukkan web yang cuman mempunyai backlink 50. Kualitas dari backlink itu punya pengaruh pada Search Engine Results Pages (SERPs) satu web. Oleh karena itu penting untuk Anda ketahui web apakah yang mempertautkan link Anda di web mereka. Bila web itu sekedar hanya website atau wordpress saja, Anda sedikit akan susah untuk menantang pesaing web Anda. Diperlukan beberapa web besar yang mempertautkan link Anda di website mereka. Seperti portal informasi, komunitas, atau web dengan domain authority dan page authority yang tinggi.

Backlink berkualitas tinggi ialah inti dari algoritme Google dan backlink akan terus jadi satu diantara fokus utama penilaian, karena backlink menjadi factor pemasti yang menggerakkan web pada bagian berdasar hasil penelusuran. Sementara usaha membuat link dilaksanakan hanya untuk maksud optimisasi mesin perayap, backlink berguna juga untuk beberapa argumen lain.

Pengertian & Manfaat Backlink Untuk Website

1. Tingkatkan Status web Pada SERP

SERP (mesin pencari result page) yang jika disimpulkan ialah halaman hasil mesin perayap. Karena itu peranan dari back-link itu di sini sangat penting karena bisa meningkatkan status rank sebuah web dalam mesin penelusuran.

2. Menjaga Status SERP Pada Website

Jika status website telah sukses bertambah pada SERP karena itu cara setelah itu back-link itu harus bisa menjaga tempatnya pada suatu mesin penelusuran misalkan di Google . Sehingga bila Anda memberikan back-link dalam suatu website yang mempunyai kualitas yang terbaik karena itu hal itu bisa menjaga tempatnya di mesin penelusuran.

3. Tingkatkan kewenangan halaman atau domain (page and domain authority)

Salah satunya alasan yang dipakai Google untuk mengendalikan rangking di hasil penelusuran sesuai niche atau keyword tertentu ialah berapa banyak inbound links yang ke arah pada halaman atau domain Anda. Bukan hanya banyaknya saja tetapi kualitas dari content yang lakukan back-link itu . Sehingga semakin banyak dan semakin berkualitas content yang lakukan back-link karena itu semakin besar peluangnya Google akan memberi rangking yang tinggi untuk halaman atau domain Anda khususnya untuk penelusuran organik.

4. Memperoleh pengunjung dari referal trafik

Tidak seluruhnya jumlah pengunjung yang masuk di situs Anda ialah mereka yang masuk hasil dari penelusuran. Banyak pula yang masuk di sebuah situs atau halaman website tertentu karena mereka lakukan click pada link yang ada pada content yang dibaca. Oleh karenanya faedah memberikan back-link di website yang berkualitas baik untuk tingkatkan jumlah referal trafik yang semakin banyak ke situs Anda yang keliru satu imbas positifnya ialah Anda tidak harus membagikan banyak dana untuk CPC.

5. Visibility merek yang lebih luas

Tiap website atau media online yang Anda contact untuk lakukan guest posting ialah kesempatan baru untuk memperoleh semakin banyak eksposur berkenaan produk dan merek Anda. Faedah memberikan back-link di website yang berkualitas baik ialah mereka yang menjadi konsumen setia content di website itu akan menyaksikan merek Anda yang tentu saja akan membuat semakin beberapa orang tahu dan ketarik berkenaan produk dan merek Anda bahkan bisa saja dari kelompok atau demografi yang masih belum pernah Anda pikirkan awalnya. Beberapa pengurus/pemilik website dan media online ini tentu saja memerlukan beberapa konten baru untuk selalu jaga keterkaitan platform-nya, jadi guest posting sesungguhnya ialah taktik yang memberikan keuntungan kedua pihak.

6. Backlink dapat tahan selama mungkin

Memang diperlukan waktu dan tenaga yang lama untuk lakukan link building tetapi hasilnya dapat disebut lebih tetap diperbandingkan dengan iklan berbayar di mesin perayap seperti Google AdWord misalkan. Sepanjang halaman yang memiliki kandungan link situs Anda masih aktif, karena itu sepanjang itu juga Anda dapat memperoleh keuntungan dari referal trafik, sementara untuk iklan berbayar cuman memiliki sifat sementara sesuai anggaran yang diberi.