Tempat Membeli Domain Terbaik – Dari Luar Hingga Lokal

3 min read

Tempat Membeli Domain Terbaik – Dari Luar Hingga Lokal

Orang awam seringkali menyebut nama website dengan sebutan “www” atau “http”. Padahal memiliki istilah dengan nama yang begitu indah, yaitu “domain”.

Domain sendiri memiliki 2 elemen yang berbeda, yaitu nama (misalnya Facebook), dan ekstensi (misalnya .com). Untuk nama, kamu bisa bebas memilih asalkan belum didaftarkan oleh orang lain. Sementara untuk ekstensi, kamu hanya bisa memilih jenis yang disediakan. 3 jenis yang paling umum adalah .com, .net, dan .org.

Sekalipun istilah yang selalu dipakai adalah “membeli”, tetapi faktanya kita hanya menyewanya dengan batas waktu tertentu, minimalnya adalah satu tahun. Kemudian bisa diperpanjang selama yang kamu inginkan.

Ada banyak sekali tempat untuk membeli domain terbaik yang bisa kamu datangi. Beberapa diantaranya bahkan dijual dengan harga jauh lebih murah dengan fitur yang lebih lengkap.

Maka dari itulah, kali ini saya akan memberikan daftar tempat membeli domain terbaik, entah itu lokal ataupun luar.

  1. Domain.com

Dimulai pada tahun 2000, domain.com telah berhasil menjadi salah satu penjual nama domain yang paling populer di dunia saat itu. Sampai sekarang, mereka bahkan mampu memberikan kita semua ekstensi tingkat atas (TLD – Top Level Domain) bersama dengan lusinan kode negara (termasuk .co.id).

Setelah kamu membeli nama domain di tempat mereka, maka kamu pun bisa menggunakan semua fitur yang disediakan, termasuk perlindungan privasi whois, whois gratis, kemudahan transfer domain, mengelola DNS, akun email, dan layanan tambahan lainnya.

Sekedar informasi, domain yang kamu beli dari satu vendor masih bisa ditransfer ke vendor lain. Seperti misalnya, kamu membeli domain dari domain.com, tapi karena suatu keadaan, kamu ingin beralih ke Bluehost, maka pemindahan tersebut tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Jika tidak tahu caranya, kamu bisa menghubungi customer service mereka.

Ngomong-ngomong CS nih, ada beberapa penyedia layanan yang memiliki customer service yang begitu jelek dan tidak responsif. Jadi harap hindari ya!

  1. Bluehost

Bluehost

Kebanyakan vendor yang menjual nama domain biasanya juga menyediakan jasa sewa hosting, salah satunya adalah bluehost.

Dengan begitu, kamu bisa membeli domain dan hosting di satu tempat, sehingga website kamu akan cepat aktif tanpa harus susah-susah menyeting ini dan itu. Tampilan cPanel yang mereka miliki juga cenderung sangat ideal bagi para pemula, sekaligus menampilkan beragam fitur menarik dan serbaguna.

Shared hosting yang disewakan oleh Bluehost memiliki harga berkisar antara $9-$26 setiap bulannya. Menariknya, kamu bisa mendapatkan diskon untuk penyewaan di tahun pertama, termasuk bonus satu nama domain gratis.

Terdapat pula fitur yang disebut sebagai “domain privacy” sehingga memungkinkan kontak pribadi kamu tidak bisa dilacak melalui whois. Seperti yang kita tahu, menjaga data pribadi adalah hal yang paling penting saat melakukan aktivitas di internet.

  1. Network Solution

Selain kamu bisa membeli nama domain dengan harga murah di Network Solution, ternyata mereka pun menyediakan jasa sejenis lainnya yang mungkin bisa kamu coba.

Beberapa diantaranya adalah hosting web, desain situs web, pemasaran online, optimasi SEO, hingga manajemen PPC.

Tetapi salah satu keunggulan dari network solution adalah customer service mereka yang begitu responsif. Dengan uptime hingga 99,99% dan dukungan telepon atau email selama 24 jam penuh, kamu bisa menghubungi mereka kapan saja jika mengalami kendala dengan pembelian nama domain kamu.

Untuk alasan inilah, Network Solution masuk ke dalam jajaran tempat membeli domain terbaik yang bisa kamu singgahi.

  1. HostGator

HostGator

Sama halnya seperti Bluehost, Hostgator juga merupakan vendor yang tidak hanya menyewakan hosting sebagai produk utama mereka, juga menjual nama domain yang kamu butuhkan saat ini.

Sayangnya, harga nama domain di HostGator cenderung sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan saingannya, yaitu dibandrol dengan harga $22 per tahunnya.

Akan tetapi, pelayanan dan fitur yang mereka sediakan juga sangat menarik untuk kamu coba. Ada juga penawaran menggiurkan yang bisa kamu manfaatkan.

Seperti misalnya, mereka menawarkan satu buah nama domain gratis asalkan kamu menyewa paket hosting Cloud, Shared, atau WordPress selama minimal satu tahun. Jatuhnya jadi lebih murah, kan?.

  1. GoDaddy

GoDaddy

Ini adalah salah satu tempat membeli nama domain luar yang difavoritkan oleh para blogger Indonesia. Banyak sekali fitur menarik dengan segudang ekstensi yang berbeda. Bahkan untuk ekstensi tertentu, kamu bisa mendapatkan nama domain dengan harga mulai dari $1 per tahunnya.

Hingga artikel ini dibuat, GoDaddy merupakan penjual nama domain terbesar dan terpercaya di seluruh dunia, karena mereka menyewa orang-orang handal dengan ide-ide kreatif yang tak bisa dilakukan oleh vendor lain.

Berbeda dengan HostGator dan Bluehost di atas, GoDaddy lebih memilih nama domain sebagai produk utama mereka, dan hosting adalah produk setelahnya.

  1. NameCheap

NameCheap juga merupakan pendaftar domain teratas yang bisa kamu jadikan pilihan. Perusahaan ini memiliki alat pencarian domain yang bisa membantu kamu menemukan nama yang tepat, serta beberapa saran jika nama domain yang kamu pilih sudah tidak tersedia.

Mereka juga menawarkan layanan add-on domain yang sangat mantap, seperti privasi domain dan DNS premium. Sayangnya, meskipun tampilannya begitu rapi dan bersih, tetapi tidak semudah antarmuka yang dimiliki oleh GoDaddy.

  1. Dream Host

Dream Host juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu tempat untuk membeli domain yang terbaik. Selain menjual nama domain, kamu pun akan ditawari domain gratis asalkan sudah membeli paket Shared Hosting Unlimited yang mereka bandrol seharga $36 setahun.

Tetapi jika kamu hanya ingin membeli domainnya saja, juga masih cukup bisa menghemat banyak uang. Mereka menjual nama domain TLD seharga $9 untuk satu tahun. Harga ini tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan saingannya.

  1. Jagoan Hosting dan Qwords

Nah, buat kamu yang malas bermain-main dengan dollar karena nilai tukarnya yang tinggi, kamu pun tentu boleh membeli nama domain di vendor lokal, salah satunya adalah Jagoan Hosting dan Qwords.

Ada banyak sekali ekstensi domain yang bisa kamu pilih di Jagoan Hosting, dimulai dari .com, .net, dan .org, hingga jenis-jenis yang tidak terlalu populer seperti .xyz, .biz, .info, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jagoan Hosting membandrol domainnya seharga 145 ribu per tahun untuk ekstensi .com. Tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga dari vendor luar, diakibatkan nilai tukar rupiah yang terus merosot.

Untuk CS-nya, baik Jagoan Hosting atau Qwords keduanya memiliki pelayanan yang sangat baik dan responsif. Terlebih mereka mengerti bahasa Indonesia sehingga bisa menjadi tempat membeli domain terbaik bagi kamu yang tidak terlalu mengerti bahasa Inggris.

Kamu bisa memesannya selama minimal satu tahun, dan kemudian diperpanjang sesuai dengan kebutuhan atau budget kamu saat ini. Perpanjangan website ini dikenal dengan sebutan renewal.

Namun jangan sampai kamu telat untuk memperpanjang masa aktifnya, bisa-bisa kamu kehilangan nama domain tersebut untuk selamanya.

Nama domain yang tidak diperpanjang bisa dibeli oleh orang lain, yang kemudian dikenal dengan sebutan aged domain. Jenis yang bagus biasanya suka digunakan untuk kebutuhan SEO seperti PBN.

Baca Juga

8 CMS Terbaik untuk Website – Baca Dulu Biar Ga Salah Pilih