Manfaat PBN Bagi SEO dan Website

3 min read

Manfaat PBN Bagi SEO dan Website

Website kita seringkali bisa naik dengan sendirinya hanya dengan berbekal konten berkualitas tinggi dan sedikit backlink.

Namun ada kalanya kita harus melakukan effort berlebih, apalagi jika di pasar yang kita sasar tersebut disuguhkan dengan saingan super kuat dan ketat.

Untuk melakukannya, biasanya para praktisi SEO akan mulai mengeluarkan senjata andalan miliknya, yaitu melakukan link building dari PBN.

Faktanya, manfaat PBN bagi SEO dan website kita itu benar-benar patut diacungi jempol. Hampir semua website besar yang nangkring di pejawan Google malah menggunakan PBN.

Nah, jika kamu masih menimbang-nimbang apakah harus menggunakan PBN atau tidak, mungkin dengan melihat manfaatnya bisa membantu kamu mengambil keputusan.

Dan berikut adalah manfaat PBN bagi SEO dan moneysite yang tengah kamu bangun saat ini.

1. Menghemat Uang di Pasar Kompetitif

manfaat pbn

Ada ribuan website yang lahir setiap harinya. Itu artinya, persaingan di SERP kita akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk mengakalinya, banyak orang yang menggunakan jasa Google Ads demi menangkap pembeli potensial sebagai bagian dari upaya marketing mereka.

Cara tersebut memang bisa efektif jika menggunakan hukum pareto, namun buat seseorang yang masih dalam tahap start-up, maka budget untuk ngiklan tersebut bisa bikin kantong kita kempes.

Bedanya dengan penggunaan PBN adalah kita hanya harus mengeluarkan budget beberapa kali sampai website kita berhasil nangkring di pejawan. Selanjutnya, pengeluaran kita bisa ditekan sambil mendapatkan pembeli tertarget tanpa harus mengeluarkan biaya iklan sama sekali.

2. Backlink Berkualitas Tinggi

Rata-rata website PBN memiliki backlink profile yang berkualitas tinggi, misalnya dari Wikipedia, CNN, Huffpost, dan lain sebagainya.

Nah, jika website sekelas tersebut mengirimkan link ke moneysite kita, maka tak perlu waktu lama untuk bisa bertengger di posisi pertama dan mengalahkan banyak pesaing.

Mendapatkan backlink berkualitas tinggi itu susahnya bukan main, apalagi jika kita bermain secara whitehat.

Tapi dengan PBN, kita bisa menyirami moneysite kesayangan dengan backlink tersebut sehingga dapat memberikan untung dalam jangka panjang.

3. Menghemat Waktu

Normalnya, kita butuh sekitar 6 bulan untuk dapat keluar dari sandbox Google ketika pertama kali membuat sebuah website. Kemudian memerlukan rata-rata 2 tahun agar moneysite kita mampu bersaing dengan website yang lebih dulu berjaya.

Namun jika kamu menggunakan pendekatan SEO dengan PBN, maka jangka waktu tersebut bisa dipersingkat secara drastis asalkan dilakuan secara benar.

Misalnya, kita harus memulai meningkatkan social signal terlebih dahulu agar website cepat keluar dari sandbox. Kemudian berikan backlink di beberapa tempat seperti web 2.0, link profile, forum, dan sebagainya agar mendapatkan diversifikasinya.

Selanjutnya, baru mulai membangun backlink menggunakan PBN dengan catatan dilakukan secara bertahap atau dripfeed.

4. Meranking Kata Kunci yang Diinginkan

Sekalipun ada aturan tersendiri, akan tetapi PBN sudah terbukti mampu meranking hampir segala macam kata kunci yang begitu sulit untuk ditaklukkan.

Tentunya hukum kuantitas berlaku di sini. Artinya, semakin sulit sebuah kompetisi atau keyword yang disasar, maka kamu membutuhkan lebih banyak PBN dan modal yang menggunung.

Hal ini karena para kompetitor kita pun pastinya menggunakan tekhnik link building yang sama, yang mana PBN mereka kualitasnya tak main-main.

Maka dari itulah, akan lebih baik jika kamu memulainya dari LSI, kemudian lanjutkan ke root keyword jika upaya kamu sudah nampak ada kemajuan.

5. Efektif dan Efisien

Pernah gak bertanya-tanya pada diri sendiri seperti “praktek SEO gw ini bisa memberikan hasil ga ya?”. Jika iya, maka kamu termasuk ke dalam salah satu praktisi SEO yang selalu galau dan tak yakin terhadap hal yang tengah kamu lakukan.

SEO merupakan ilmu yang tak pasti, membutuhkan lebih banyak eksperimen, masuk ke dalam bagian probabilitas, serta hasil yang berbeda dari satu praktisi dengan yang lainnya.

Nah, untuk mengurangi keraguan atau kerancuan saat melakukan upaya tersebut, maka PBN dapat kamu pilih, agar eksperimen dan hasil yang didapat menjadi jauh lebih cepat, efektif, dan efisien.

Tergantung dari keyword yang tengah kamu sasar – semakin rendah persaingan maka tingkat kefektifannya akan semakin baik.

6. Dapat Pemasukan Tambahan

Ini dikhususkan buat kamu yang memiliki website PBN secara mandiri dan pribadi, dan bukan dari membeli backlink di jasa tertentu atau bergabung dengan grup PBN.

Maka dari itulah, lebih disarankan untuk membangun dan menyetting PBN sendiri karena kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan darinya.

Penghasilan tersebut berasal dari content placement atau langsung menjual jasa backlinking pada orang yang membutuhkan.

Membangun 100 PBN untuk meningkatkan 1 moneysite memang tak dilarang. Namun pengeluarannya mungkin akan jauh lebih tinggi daripada pemasukan.

Jadi, pastikan kamu buka jasa jual backlink atau content placement. Setidaknya uang tersebut bisa digunakan untuk menutupi biaya perawatan seperti pembelian konten yang sangat mahal dan menguras banyak biaya.

7. Mengirimkan Trafik Tertarget

Pada dasarnya, website PBN kita sudah sangat baik di mata Google, sehingga bisa dengan mudah naik peringkatnya di SERP.

Untuk alasan ini pulalah, kamu wajib mengisi konten PBN yang sama bagusnya dengan moneysite kamu saat ini.

Dengan begitu, PBN kamu pun akan dipenuhi dengan visitor tertarget, yang seringkali berkunjung ke moneysite kamu dari link yang kamu tanam di sana.

Memang tujuan kita adalah meningkatkan posisi moneysite kita di SERP untuk mendapatkan visitor organik dari mesin pencarian. Tapi bukan serta merta harus mengabaikan visitor tertarget yang datang dari manfaat PBN itu sendiri.

Ingat, visitor tertarget itu biasanya sudah siap membeli produk kita! Tinggal kitanya yang harus menjaring dan melakukan follow up secara profesional.

8. Lebih Stabil di SERP

Sekalipun mendatangkan banyak sekali resiko, akan tetapi posisi moneysite kita di SERP cenderung lebih stabil jika PBN dibangun dengan cara yang benar.

SEO sebagian besar selalu bergantung pada jumlah tautan dengan kualitas tinggi. Jika kita melakukannya secara whitehat, maka aktivitas backlink ini bisa masuk ke dalam kategori untung-untungan.

Kadang backlink yang kita tanam bisa dihapus oleh si empunya website, sehingga posisi moneysite kita di SERP bisa goyah.

Lain lagi jika menggunakan PBN. Backlink yang tertanam di sana akan terus hadir dan tak lekang oleh waktu, selama kamu masih mampu merawat PBN itu dalam jangka panjang.

9. Bisa Digunakan Berkali-Kali

Semakin banyak website, maka biaya iklan akan semakin tinggi jika menggunakan Google Adwords.

Namun berbeda dengan menggunakan PBN, karena semakin banyak moneysite yang kita bangun, maka akan semakin mendatangkan cuan tetapi dengan biaya backlink PBN yang sama seperti layaknya kita memiliki 1 moneysite.

Ini karena cara kerja PBN itu sendiri, yang mana bisa digunakan di lebih dari 1 website yang kita bangun, bahkan bisa digunakan untuk klien kita.

Alhasil, penggunaan dan manfaat PBN jatuhnya akan jauh lebih murah jika berbicara jangka panjang. Jadi, sudah kah kamu memutuskan untuk menggunakan PBN hari ini?

Segera ambil tindakan! Jika kelamaan, maka konsumen kamu akan keburu diambil oleh orang lain.