SEO

Apa itu Google E-E-A-T 2024 dan Mengapa Penting untuk SEO?

Google E-E-A-T

Apa itu Google E-E-A-T dan Mengapa Penting untuk SEO?

Google E-E-A-T adalah singkatan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness, atau Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan. Ini adalah salah satu faktor yang digunakan Google untuk menilai kualitas dan relevansi konten web. E-E-A-T bukanlah faktor peringkat langsung, tetapi merupakan bagian dari Pedoman Penilai Kualitas Pencarian Google yang digunakan oleh penilai kualitas manusia untuk menilai kualitas hasil pencarian Google.

Google menerbitkan dokumen ini secara online pada tahun 2013 untuk “membantu webmaster memahami apa yang dicari Google dalam halaman web”. Google juga merekomendasikan agar penerbit dan pemasar pencarian menggunakan E-E-A-T sebagai standar untuk menilai kualitas situs web mereka.

Mengapa Google E-E-A-T Penting?

E-E-A-T penting untuk semua kueri, tetapi beberapa lebih penting daripada yang lain. Jika Anda hanya mencari gambar kucing lucu, maka E-E-A-T mungkin tidak terlalu penting. Topiknya subjektif, dan tidak masalah jika Anda melihat kucing yang menurut Anda tidak lucu.

Jika Anda mencari dosis aspirin yang benar saat hamil, di sisi lain, maka E-E-A-T pasti penting. Jika Google menampilkan konten tentang topik ini yang ditulis oleh penulis yang tidak tahu apa-apa, yang dipublikasikan di situs web yang tidak dapat dipercaya dan tidak memiliki otoritas, maka kemungkinan besar konten tersebut tidak akurat atau menyesatkan. Mengingat sifat informasi yang dicari di sini, itu bukan hanya sedikit tidak nyaman, tetapi berpotensi mengancam jiwa.

E-E-A-T juga penting untuk kueri seperti “cara meningkatkan skor kredit”. Di sini, saran dari orang yang tidak tahu apa-apa dan tidak berwenang tidak mungkin sah dan tidak boleh dipercaya. Google menyebut jenis topik ini sebagai topik YMYL (Your Money or Your Life), atau Uang atau Hidup Anda:

Beberapa jenis halaman atau topik berpotensi memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan, atau keselamatan seseorang di masa depan. Kami menyebut halaman seperti itu “Uang atau Hidup Anda”, atau YMYL.

Jika situs web Anda dibangun di sekitar topik YMYL, maka menunjukkan E-E-A-T sangat penting.

Bagaimana Google E-E-A-T Dievaluasi?

Pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan adalah konsep yang mirip, tetapi tidak identik. Jadi, masing-masing dievaluasi secara independen dengan menggunakan kriteria yang berbeda.

Google E-E-A-T
Google E-E-A-T

Experience / Pengalaman

Pengalaman berarti memiliki tingkat pengetahuan atau keterampilan yang tinggi dalam bidang tertentu. Ini dievaluasi terutama pada tingkat konten, bukan pada tingkat situs web atau organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh ahli di bidangnya.

Untuk topik YMYL, ini tentang keahlian formal, kualifikasi, dan pendidikan dari pembuat konten. Misalnya, seorang akuntan bersertifikat lebih berkualifikasi untuk menulis tentang persiapan pajak daripada seseorang yang hanya membaca beberapa posting di r/personalfinance. Keahlian formal penting untuk topik YMYL seperti saran medis, keuangan, atau hukum.

Untuk topik non-YMYL, ini tentang menunjukkan pengalaman hidup yang relevan dan “keahlian sehari-hari”. Misalnya, seseorang yang suka memasak dan sering mencoba resep baru mungkin lebih cocok untuk menulis tentang masakan daripada seseorang yang hanya memiliki gelar kuliner tetapi jarang memasak sendiri.

Expertise / Keahlian

Keahlian berarti memiliki pengetahuan atau keterampilan yang mendalam dalam bidang tertentu. Ini dievaluasi pada tingkat konten, situs web, dan organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh sumber yang diakui sebagai ahli di bidangnya.

Untuk menilai keahlian, Google melihat beberapa faktor, seperti:

  • Kualifikasi formal, sertifikat, atau penghargaan dari pembuat konten atau organisasi.
  • Bukti pengalaman praktis, penelitian, atau publikasi dalam bidang terkait.
  • Ulasan, testimonial, atau referensi dari pelanggan, klien, atau rekan sejawat.
  • Keterlibatan dalam komunitas profesional, asosiasi, atau organisasi yang relevan.

Authoritativeness / Otoritas

Otoritas berarti memiliki reputasi atau pengaruh yang baik dalam bidang tertentu. Ini dievaluasi pada tingkat konten, situs web, dan organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh sumber yang dihormati dan dipercaya oleh audiensnya.

Untuk menilai otoritas, Google melihat beberapa faktor, seperti:

  • Jumlah dan kualitas tautan balik dari situs web lain yang relevan dan berwibawa.
  • Jumlah dan kualitas kutipan, referensi, atau sebutan dari sumber lain yang relevan dan berwibawa.
  • Jumlah dan kualitas ulasan, peringkat, atau umpan balik dari pengguna, pembaca, atau kritikus.
  • Jumlah dan kualitas pengikut, penggemar, atau pelanggan di media sosial atau platform lain.

Trustworthiness / Kepercayaan

Kepercayaan berarti memiliki kredibilitas dan keandalan dalam menyediakan informasi yang akurat, jujur, dan bermanfaat. Ini dievaluasi pada tingkat konten, situs web, dan organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh sumber yang transparan, bertanggung jawab, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk menilai kepercayaan, Google melihat beberapa faktor, seperti:

  • Ketersediaan informasi kontak, kebijakan privasi, syarat dan ketentuan, atau penafian yang jelas dan mudah ditemukan.
  • Ketersediaan bukti, sumber, atau referensi yang mendukung klaim, pernyataan, atau data yang disajikan dalam konten.
  • Ketersediaan informasi tentang pembuat konten, penulis, editor, atau penerbit, termasuk kualifikasi, biografi, atau portofolio mereka.
  • Konsistensi, akurasi, dan kelengkapan informasi yang disajikan dalam konten, situs web, atau organisasi.
Google E-E-A-T
Google E-E-A-T

Bagaimana Cara Meningkatkan dan Menunjukkan E-E-A-T?

Setelah memahami apa itu E-E-A-T dan bagaimana cara mengevaluasinya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan dan menunjukkan E-E-A-T di situs web Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Buat konten yang informatif, jelas, dan berkualitas. Pastikan konten Anda sesuai dengan topik, tujuan, dan audiens Anda. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, hindari ejaan atau tata bahasa yang salah, dan perbarui konten Anda secara berkala jika ada informasi yang berubah atau usang.
  • Gunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan intent pengguna. Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui apa yang dicari dan diinginkan oleh pengguna. Masukkan kata kunci utama dan variasinya secara alami di seluruh artikel Anda, termasuk di judul, subjudul, meta deskripsi, dan alt teks gambar.
  • Sertakan informasi tentang diri Anda atau organisasi Anda. Buat halaman tentang kami, profil penulis, atau halaman kontak yang memberikan informasi tentang siapa Anda, apa latar belakang, kualifikasi, atau pengalaman Anda, dan bagaimana orang dapat menghubungi Anda. Jika memungkinkan, tambahkan foto, video, atau media sosial Anda untuk meningkatkan kredibilitas dan keterlibatan Anda.
  • Sertakan sumber, referensi, atau bukti yang mendukung konten Anda. Jika Anda menyajikan fakta, data, statistik, klaim, atau opini dalam konten Anda, pastikan Anda memberikan sumber yang dapat diverifikasi, relevan, dan berwibawa. Gunakan tautan, kutipan, catatan kaki, atau daftar pustaka untuk mengutip sumber Anda dengan benar.
  • Dapatkan tautan balik, ulasan, ulasan, atau umpan balik yang positif dari situs web lain, pengguna, atau kritikus. Ini akan membantu Anda membangun reputasi dan otoritas Anda di bidang Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuat konten yang bermanfaat, menjangkau situs web yang relevan, meminta testimoni dari pelanggan atau klien Anda, atau mendorong ulasan atau peringkat dari pembaca atau pengguna Anda.
  • Optimalkan situs web Anda untuk kecepatan, keamanan, dan keterampilan. Pastikan situs web Anda dimuat dengan cepat, aman dari serangan, dan mudah dinavigasi di semua perangkat. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan hosting yang andal, menginstal sertifikat SSL, mengompres gambar, dan menggunakan desain responsif.
  • Tetap up to date dengan perkembangan terbaru di bidang Anda. Ikuti tren, berita, atau perubahan yang terjadi di industri atau topik Anda. Perbarui konten Anda sesuai dengan informasi terbaru, dan buat konten baru yang relevan dengan audiens Anda.

Kesimpulan

Google E-E-A-T
Google E-E-A-T

Google E-E-A-T adalah salah satu faktor yang digunakan Google untuk menilai kualitas dan relevansi konten web. E-E-A-T bukanlah faktor peringkat langsung, tetapi merupakan bagian dari Pedoman Penilai Kualitas Pencarian Google yang digunakan oleh penilai kualitas manusia untuk menilai kualitas hasil pencarian Google.

E-E-A-T penting untuk semua kueri, tetapi beberapa lebih penting daripada yang lain. Jika situs web Anda dibangun di sekitar topik YMYL (Your Money or Your Life), atau Uang atau Hidup Anda, maka menunjukkan E-E-A-T sangat penting.

E-E-A-T dievaluasi pada tingkat konten, situs web, dan organisasi. Google mencari konten yang dibuat oleh sumber yang memiliki pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan dalam bidang mereka.

Untuk meningkatkan dan menunjukkan E-E-A-T, Anda dapat melakukan beberapa hal, seperti membuat konten yang informatif, jelas, dan berkualitas, menggunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan intent pengguna, menyertakan informasi tentang diri Anda atau organisasi Anda, menyertakan sumber, referensi, atau bukti yang mendukung konten Anda, mendapatkan tautan balik, ulasan, atau umpan balik yang positif dari situs web lain, pengguna, atau kritikus, mengoptimalkan situs web Anda untuk kecepatan, keamanan, dan keterampilan, dan tetap up to date dengan perkembangan terbaru di bidang Anda.

Dengan melakukan hal-hal ini, Anda dapat meningkatkan kualitas dan relevansi konten Anda, dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google.

Elemen E-E-A-T Definisi Cara Meningkatkan dan Menunjukkan
Pengalaman Memiliki tingkat pengetahuan atau keterampilan yang tinggi dalam bidang tertentu. Membuat konten yang dibuat oleh ahli di bidangnya, baik formal maupun informal.
Keahlian Memiliki pengetahuan atau keterampilan yang mendalam dalam bidang tertentu. Menyertakan kualifikasi, pengalaman, publikasi, atau penghargaan dari pembuat konten atau organisasi.
Otoritas Memiliki reputasi atau pengaruh yang baik dalam bidang tertentu. Mendapatkan tautan balik, ulasan, atau sebutan dari situs web, pengguna, atau kritikus yang relevan dan berwibawa.
Kepercayaan Memiliki kredibilitas dan keandalan dalam menyediakan informasi yang akurat, jujur, dan bermanfaat. Menyertakan informasi kontak, kebijakan, penafian, sumber, atau referensi yang jelas dan mudah ditemukan.

E-E-A-T adalah salah satu faktor yang digunakan Google untuk menilai kualitas dan relevansi konten web. E-E-A-T penting untuk semua kueri, tetapi lebih penting untuk topik YMYL (Your Money or Your Life), atau Uang atau Hidup Anda. Dengan meningkatkan dan menunjukkan E-E-A-T, Anda dapat meningkatkan kualitas dan relevansi konten Anda, dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google.

FAQ

Definisi Google E-E-A-T?

Google E-E-A-T adalah singkatan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness, atau Pengalaman, Keahlian, Otoritas, dan Kepercayaan. Ini adalah salah satu faktor yang digunakan Google untuk menilai kualitas dan relevansi konten web.

Apa itu topik YMYL?

Topik YMYL adalah singkatan dari Your Money or Your Life, atau Uang atau Hidup Anda. Ini adalah jenis topik atau halaman yang berpotensi memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, stabilitas keuangan, atau keselamatan seseorang di masa depan. Contoh topik YMYL adalah saran medis, keuangan, atau hukum.

Bagaimana cara mengetahui E-E-A-T situs web saya?

Anda dapat mengetahui E-E-A-T situs web Anda dengan menggunakan beberapa alat atau metode, seperti:

  • Membaca Pedoman Penilai Kualitas Pencarian Google dan membandingkan situs web Anda dengan kriteria yang disebutkan di sana.
  • Menggunakan alat analisis SEO, seperti Rank Math, untuk memeriksa kualitas dan relevansi konten Anda, kata kunci, tautan balik, ulasan, dan faktor lainnya.
  • Meminta umpan balik dari pengguna, pembaca, atau kritikus Anda tentang konten, situs web, atau organisasi Anda.

Bagaimana cara meningkatkan E-E-A-T situs web saya?

Anda dapat meningkatkan E-E-A-T situs web Anda dengan melakukan beberapa hal, seperti:

  • Membuat konten yang informatif, jelas, dan berkualitas.
  • Menggunakan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan intent pengguna.
  • Menyertakan informasi tentang diri Anda atau organisasi Anda.
  • Menyertakan sumber, referensi, atau bukti yang mendukung konten Anda.
  • Mendapatkan tautan balik, ulasan, atau umpan balik yang positif dari situs web lain, pengguna, atau kritikus.
  • Mengoptimalkan situs web Anda untuk kecepatan, keamanan, dan keterampilan.
  • Tetap up to date dengan perkembangan terbaru di bidang Anda.

Apa manfaat E-E-A-T untuk SEO?

Manfaat E-E-A-T untuk SEO adalah:

  • Meningkatkan kualitas dan relevansi konten Anda, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengguna Anda.
  • Meningkatkan reputasi dan otoritas Anda di bidang Anda, yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas Anda di mata pengguna dan Google.
  • Meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google, terutama untuk kueri YMYL, yang dapat meningkatkan lalu lintas dan konversi Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
5 Antivirus Android Terbaik Keuntungan Backlink PBN